Adertisement

Home » , » Modifikasi Honda Blade 170cc

Modifikasi Honda Blade 170cc

blade
Memperbesar volume silinder cara mudah dongkrak tenaga mesin dengan melakukan bore up dan stroke up di Honda Blade. Karena motor hanya dipakai harian, tampilan mesin ogah ekstrem. Dari luar, maunya kelihatan standar abis.
Seperti ketika stroke up, cukup menggunakan pen piston 3 mm. Otomatis kenaikan stroke total 6 mm. Agar tidak tambah paking blok yang tebal, harus diimbangi penggunaan setang piston pendek.
Cara paling gampang, menggunakan conecting rod milik Honda Grand atau Supra X. Dengan begitu, posisi piston ketika top tetap rata dengan blok walau sudah naik stroke. Langkah piston standar 55,6 mm di- tambah kenaikan stroke 6 mm. Total kini langkah piston jadi 62,6 mm.
Upaya bore up juga sudah dilakukan. Pakai piston Honda Sonic oversize 100, diameter 59 mm. Alasan penggunaan piston Sonic berdasarkan beberapa pertimbangan. Pertama, ukurannya yang lebih pendek. Tinggi piston Sonic dan Blade hampir tidak jauh berbeda. Sama dengan piston motor modern. Supaya ringan dan rendah gesekan. Tenaga mesin jadi tidak banyak terbuang percuma.
Selain itu, penggunaan piston Sonic juga tidak banyak yang diubah. Apalagi lubang pen piston sudah sama-sama 13 mm. Jadinya tidak perlu main bushing.
blade
Akibat stroke jadi 62,5 mm dan diameter piston jadi 59 mm, maka dapat dihitung kapasitas volume silinder. Kini lumayan, sudah mencapai 170,8 cc. Oke juga dipakai harian. Selain meningkatkan volume silinder. Cara lain untuk dongkrak tenaga dibarengi dengan menggunakan klep gede. Aplikasi punya Sonic juga. Klep isap 28 mm dan buang 24 mm.
Transmisi atau pemindah daya juga diperbaiki. Kopling standar yang asalnya menggunakan model diafragma diganti dengan milik Honda Karisma. Satu set rumah kopling dan mengkuk serta kampasnya. Kecuali gir sekunder, tetap menggunakan asli Blade. Guna menyesuaikan power yang sudah besar tadi, reduksi gir juga dibenahi. Sproket depan menggunakan 14 mata dan belakang 35 mata.
DATA MODIFIKASI
Karburator: Mikuni TM24
Pilot-jet : 30
Main-jet : 130
Intake manifold : Varro
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : MY BLOG
Copyright © 2011. Sikipli Online - All Rights Reserved
Modify by SikipliOnline
Proudly powered by Blogger