Home » » Gangguan dan Kelainan Pada Tulang, Otot, dan Sendi | Penyakit/gangguan pada sistem gerak manusia

Gangguan dan Kelainan Pada Tulang, Otot, dan Sendi | Penyakit/gangguan pada sistem gerak manusia

1   Gangguan dan Kelainan Pada Tulang

Penyakit tulang sering kali tidak disadari oleh seseorang. Biasanya orang baru menyadari setelah kondisinya mulai memburuk. Ini adalah contoh beberapa penyakit pada tulang.
    
     a.   Lordosis
Lordosis adalah penyakit yang terjadi akibat cara duduk yang membungkuk yang mengakibatkan tulang belakang melengkung ke depan.

     b.   Kifosis
Kifosis adalah penyakit yang terjadi akibat cara duduk membuat bahu agak kebelakang daripada perut yang mengkibatkan tulang melengkung kebelakang.

     c.   Skoliosis
Skoliosis adalah penyakit yang terjadi akibat cara duduk yang ketika membaca menghadap kesamping yang mengkibatkan tulang melengkung kesamping (kiri atau kanan).

     d.   Patah Tulang (Fraktura)
Patah tulang dibedakan atas patang tulang tertutup dan patah tulang terbuka.
Patah tulang tertutup adalah patah tulang yang terjadi di bagian dalamtapi tidak mengkibatkan kulit sampai robek. Tetapi jika patah tulang terbuka, tulang patah sampai keluar menembus kulit dan memudahkan terjadinya infeksi.

e.   Artritis Eksudatif
     Artritis Eksudatif terjadi akibat radang getah yang dibentuk akibat aktifitas kuman yang menyerang selaput sendi yang menimbulkan rasa sakit ketika digerakkan.

f.   Artritis Sika
     Artritis Sika terjadi akibat kurangnya minyak sinoval yang menimbulkan bunyi dan rasa sakit ketika digerakan

g.   Nekrosa
     Nekrosa adalah penyakit matinya sel tulang akibat rusaknya selaput tulang sehingga makanan tidak sampai ketulang.

h.   Kencing Nanah
     Kencing Nanah terjadi akibat terganggunya Gonorhea sehingga menimbulakan terbentuknya nanah padah sendi dan kulit berwarna merah.  Gonorhea biasanya terjadi pada lutut dan pangkala paha.

i.   Atritis rematik
     Atritis rematik adalah penyakit menurun yang menyerang semua usia akibat dari tumbuhnya jaringan penghubung di dalam sendi kemudian mengeras dan mengkibatkan sendi menyatu sehingga tualng tidak dapat digerakkan. 
j.   Rakitis
     Rakitis adalah penyakit yang mengkibatkan tulang pada kaki membentuk huruf  X atu O, akrena kekurangan viatamin D. 
k.   Osteoporosis
     Yaitu suatu penyakit yang menyebabkan tingkat kepadatan tulang menurun. Osteoporosis menggerogoti kekuatan tulang trabecular sehingga kekuatannya berkurang drastis, juga tulang cortical menipis dan secara keseluruhan tulang akan  memasuki masa menopause

l.   Osteomalacia
     Penyakit ini mengakibatkan tulang menjadi lunglai diakibatkan kekurangan vitamin D atau kesalahan metabolisme di dalam tubuh. Sama halnya dengan Osteoporosis,  osteomalacia juga berpotensi membuat tulang cepat patah.
.




2. Gangguan dan Kelainan pada Otot
     Pada manusia terdapat beberapa masalah atau gangguan kesehatan pada otot yang terdapat pada tubuh yaitu :

a.   Keseleo / Terkilir / Sprained
Terkilir atau keseleo adalah gangguan sendi akibat gerakan pada sendi yang tidak biasa, dipaksakan atau bergerak secara tiba-tiba. Umumnya keseleo bisa menyebabkan rasa yang sangat sakit dan bengkak pada bagian yang keseleo.
    
b.   Tetanus
Tetanus adalah keteganga otot yang terus menerus akibat terinfeksi bakteri Clostridium tetani, sehingga otot rerus-menerus berkontraksi.
              c.   Polio
Polio terjadi akibat dari mengecilnya otot akibat virus Polio. Penyakit ini dapat dicegah denga cara memberikan imunisasi polio pada bayi.

d.   Hernia Abdominal
Hernia Abdominal terjadi akibat otot perut yang sobek sehingga usus turun ke bawah dan mesuk kedalam rongga perut.


e. Kaku Leher
Kaku Leher terjadi karena hentakan secara tiba-tiba,sehingga otot leher merenggang

f.   Kram
     Kram terjadi akibat dari kerja otot yang terus menerus, akibatnya otot mengenjang dan mengakibatkan sakit. Kram juga dapat terjadi pada saat cuaca dingn akibat dari ketidak seimbangan air dan ion dalam tubuh.
g.   Kelelahan Otot
     Kelelahan otot adalah suatu keadaan di mana otot tidak mampu lagi melakukan kontraksi sehingga mengakibatkan terjadinya kram otot atau kejang-kejang otot.
h.   Astrofi Otot
     Astrofi otot adalah penurunan fungsi otot akibat dari otot yang menjadi kecil dan kehilangan fungsi kontraksi. Biasanya disebabkan oleh penyakit poliomielitis.
i.   Distrofi Otot
     Distrofi otot adalah suatu kelainan otot yang biasanya terjadi pada anak-anak karena adanya penyakit kronis atau cacat bawaan sejak lahir.
j.   Kaku Leher / Leher Kaku / Stiff
     Kaku leher adalah suatu kelainan yang terjadi karena otot yang radang / peradangan otot trapesius leher karena salah gerakan atau adanya hentakan pada leher serta menyebabkan rasa nyeri dan kaku pada leher seseorang.
k.   Hipotrofit Otot
     Hipotrofit otot adalah suatu jenis kelainan pada otot yang menyebabkan otot menjadi lebih besar dan tampak kuat disebabkan karena aktivitas otot yang berlebihan yang umumnya karena kerja dan olahraga berlebih.

3. Gangguan dan Kelainan pada Sendi
Penyakit sendi adalah penyakit yang banyak diderita oleh manusia di jaman modern ini. Hal ini mungkin diakibatkan oleh pola konsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, kondisi lingkungan yang telah jauh berubah dalam satu abad terakhir ini membuat manusia menjadi rawan sakit.
     Nah ini ada beberapa istilah yang biasa dipakai ahli medis dalam penyakit sendi. Orang awan seperti kita mungkin tidak terlalu berkepentingan. Namun, saya pikir tidak ada salahnya kita mengenal. Biar nanti kalau dokter ngomongin ini kita tidak terlalu oon. Apalagi orang tua kita biasanya sangat rentan terkena penyakit-penyakit ini. Tapi meski ini penyakit orang tua kita juga kudu waspada karena suatu saat nanti kita pasti tua. Contohnya antara lain

a.   Arthritis
Arthritis berasal dari kata arthrom: sendi dan itis: peradangan, jadi maksudnya peradangan sendi.

b.   Arthralgia
Arthralgia dari kata arthrom dan algia: sakit, jadi maksudnya sakit sendi.
Sindroma Felty: penyakit sendi dengan gejala antara lain rheumatoid arthritis, limpa membesar, anemia, sel darah putih rendah, sel pembeku darah rendah, bercak pigentasi pada kulit anggota bawah.

c.   Sindroma Sjogren
     Sindroma Sjogren adalah penyakit sendi dengan gejala antara lain kelenjar air ludah (parotis) membesar, scleroderma, kerato conjunctivitis sica, lupus eritematosus

d.   Sindroma Lesch-Nylan
     Sindroma Lesch-Nylan Gangguan metabolisme purine terkait dengan chromosom x dimana terjadi:
(1)  kekurangan enzim hipoxantin posforibosiltransferase hingga timbul keterbelakangan perkembangan fisik dan mental yang terlihat pada jari-jari dan bibir yang robek-robek karena digigit sendiri oleh penderita;
(2)  gangguan ginjal dan kadar asam urat darah tinggi (hiperuricemia) dan asam urat keluar bersama urine (uricosiduria).
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : MY BLOG
Copyright © 2011. Sikipli Online - All Rights Reserved
Modify by SikipliOnline
Proudly powered by Blogger